-->

Manajemen Service pada MikroTik



Manajemen Service pada MikroTik






Hai ...ketemu lagi bersama saya di blog ini , pada postingan sebelumnya , saya sharing tentang cara memanajemen user ,kali ini saya akan share tentang cara manajemen service pada mikrotik. Oke langsung saja kita ke konfigurasinya .






Pertama , kita akses / remote terlebih dahulu router agan , remote dengan menggunakan winbox. Lalu atur ip mikrotiknya dengan cara mengklik menu IP->Addresses








gambar0(MS-SB2-DL)

  

1. Menu Service








gambar1(MS-SB2-DL)



Cara untuk membukanya yaitu , klik menu System->Services.





2.  Atur Service



Akan muncul popup baru yang berisikan menu service. Langkah selanjutnya adalah mengatur service apa saja yang akan dipakai dan tidak .








gambar2(MS-SB2-DL)






gambar3(MS-SB2-DL)



Disini saya akan mengubah port winbox default dari 829 menjadi 8888 , dan port ssh yang defaultnya 22 menjadi 1933. cara mengubahnya adalah dengan klik 2x pada option service yang akan diubah , kemudian ubah portnya lalu klik apply lalu ok. Untuk disable port caranya cukup mudah , klik tanda 'x' di option diatas. 






gambar4(MS-SB2-DL)





3. Verifikasi



Tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi , pertama kita lakukan verifikasi remote winbox . Kita coba lakukan remote menggunakan ip dengan port yang sudah kita atur . contohnya : 192.168.19.33:8888






gambar5(MS-SB2-DL)



untuk melihat , apakah kita login menggunakan ip atau mac address , caranya adalah dengan melihat session .






gambar6(MS-SB2-DL)



Sekarang kita coba akses ssh menggunakan port default terlebih dahulu...






gambar7(MS-SB2-DL)






gambar8(MS-SB2-DL)

Maka akan keluar error , kenapa error ? karena portnya sudah diganti /diatur / diperbarui oleh agan tadi , jadi kita login ssh dengan menggunakan port custom yang sudah kita buat tadi.








gambar9(MS-SB2-DL)



Dan kita akan masuk ketampilan login ( jika berhasil ) , masukkan username admin lalu passwordnya kosongkan saja , lalu enter , maka kita akan langsung masuk mikrotik.






gambar10(MS-SB2-DL)






gambar11(MS-SB2-DL)



Yak sekian itu saja postingan kali ini dari saya , sampai berjumpa di next post...


LihatTutupKomentar