-->

Cara Konfigurasi dan Install Nginx CentOS 7



Cara Konfigurasi dan Install Nginx CentOS 7




Hai balik lagi bersama saya diblog skyblues2 , kali ini saya akan sharing tentang cara install dan konfigurasi Nginx pada CentOS 7 . Apa itu nginx ? Nginx hampir sama dengan apache yaitu paket yang digunakan untuk membuat sebuah web server... Cara penerapannya hampir sama , hanya cara konfigurasinya yang sedikit berbeda :v , Oke langsung saja ...



 

Ini merupakan topologinya :








gambar1(N-SB2-DL)



Dan berikut ini merupakan ip server dan ip client saya :








gambar2(N-SB2-DL)








gambar3(N-SB2-DL)





1. Install nginx



Oh iya sebelum memulai , ada baiknya agan harus menghubungkan terlebih dahulu server agan ke internet , lalu enable repo epel pada server agan , untuk cara penginstallan dan enable repo epel agan bisa lihat dipostingan ini : ini link

Nah setelah agan berhasil enable repo epelnya , kita lanjut menginstall paket nginxnya , caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




yum --enablerepo=epel -y install nginx






gambar4(N-SB2-DL)





 2. Edit file konfigurasi nginx



Setelah terinstall , langkah selanjutnya adalah mengedit file konfigurasi dari nginx , caranya adalah dengan mengetikkan perintah :




nano /etc/nginx/nginx.conf






gambar5(N-SB2-DL)



Setelah file konfigurasi dari nginx terbuka , sekarang edit pada line 'server name' , ganti menjadi nama domain agan.... Setelah itu save and close file konfigurasinya , selanjutnya adalah jalankan dan enable service nginxnya dengan menggunakan perintah :




systemctl start nginx

systemctl enable nginx






gambar6(N-SB2-DL)





3. Verifikasi



Langkah selanjutnya , agan coba akses halaman web agan dengan domain agan , berikut adalah tampilan awal nginx / tampilan web saya :








gambar7(N-SB2-DL)



Oke , jika agan ingin mengubah tampilan webnya , caranya adalah dengan mengedit file .html pada nginx agan , caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




nano /usr/share/nginx/html/nama_file.html






gambar8(N-SB2-DL)



Edit filenya sesuai dengan kemauan agan , setelah agan edit save and close file konfigurasinya , kemudian restart kembali nginxnya dengan menggunakan perintah :




systemctl restart nginx






gambar9(N-SB2-DL)



Dan ini merupakan tampilan web saya :

 






gambar10(N-SB2-DL)

 

Oke sekian pertemuan kita untuk kali ini , sampai berjumpa di next post....




LihatTutupKomentar