-->

Cara Konfigurasi PHP-FM+NGINX



Cara Konfigurasi PHP-FM+NGINX




Hai , balik lagi sama saya di blog skyblues2 , kali ini saya akan sharing tentang cara konfigurasi dari PHP-FM+Nginx pada centos 7 ,apa itu PHP-FPM ? (PHP- FastCGI Proccess Manager) , adalah penerapan PHP alternatif yang fiturnya lebih banyak dibandingkan PHP biasa. Kali ini saya akan konfigurasi PHP-FPM pada web server Nginx , Oke langsung saja , berikut ini merupakan topologinya :








gambar1(PHP-FPM-SB2-DL)



Oke langsung saja kita mulai konfigurasinya ...





1. Install PHP-Mbstring dan php-pear



Langkah pertama adalah menginstall php-mbstring dan php-pear dari repo epel , tapi sebelum itu , agan harus menginstall repo epel agan dulu , caranya agan bisa lihat di postingan ini : Konfigurasi Log-analyzer pada Centos 7 . Oke berikut ini adalah perintah untuk menginstall php-mbstring dan php-pear :




yum --enablerepo=epel -y install php-mbstring php-pear






gambar2(PHP-FPM-SB2-DL)



Yak , disitu sudah selesai proses installasinya ...





2. Tambahkan Repository



Langkah selanjutnya adalah menambahkan repository remi untuk php-fpm , setiap paket memiliki base repository yang berbeda , jadi jika kita ingin menginstall paket yang tidak ada dalam lokal repo kita , kita harus menambahkan repository lain yang didalamnya terdapat paket yang akan kita install. untuk menambah repository remi caranya adalah dengan mengetikkan perintah : 





yum install -y http://rpms.remirepo.net/enterprise/remi-release-7.rpm






gambar3(PHP-FPM-SB2-DL)




 3. Install PHP-FPM





Selanjutnya kita akan menginstall php-fpm dengan repo remi yang sudah kita tambahkan tadi , caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :






yum --enablerepo=remi -y install php-fpm







gambar4(PHP-FPM-SB2-DL)



4. Edit User dan Group




Kemudian kita akan mengedit user dan groupnya pada file konfigurasi php-fpmya yang terletak di direktori /etc/php-fpm.d dengan file bernama www.conf , untuk mengeditnya ketikkan perintah :





nano /etc/php-fpm.d/www.conf







gambar5(PHP-FPM-SB2-DLL)




Nah disini kita akan mengedit user dan groupnya , ganti user dan groupnya menjadi 'nginx' ( lihat syntax berwarna biru pada gambar ) , kemudian jika sudah selesai mengeditnya , save dan close file konfigurasi tersebut. Selanjutnya adalah start dan enable service dari php-fpm agan. Caranya dengan mengetikkan perintah :






systemctl start php-fpm


systemctl enable php-fpm







gambar6(PHP-FPM-SB2-DL)





5.  Edit file vhost





Langkah selanjutnya adalah mengedit file vhost ( jika agan punya ) , disini file vhost saya berada di direktori /etc/nginx/conf.d dengan file bernama vhost.conf , untuk mengeditnya ketikkan perintah :






nano /etc/nginx/conf.d/nama_file_vhost







gambar7(PHP-FPM-SB2-DL)




Mengedit file vhost ini gunanya adalah agar nginx dapat membaca lokasi dan script dari php-fpm agan... setelah itu restart nginx agan , caranya dengan mengetikkan perintah :






systemctl restart nginx







gambar8(PHP-FPM-SB2-DL)

  

6. Menambahkan php info




Sekarang kita akan menambahkan file info.php ke dalam direktori html dari nginx , caranya adalah dengan menegetikkan perintah :




echo "<?php phpinfo() ?>" > /usr/share/nginx/html/info.php






gambar9(PHP-FPM-SB2-DL) 



7. Verifikasi




Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi , yaitu pengujian melalui pengaksesan web , caranya ketikkan domain agan diikuti dengan /info.php pada URL Bar di browser , contohnya disini saya www.dhika.id/info.php








gambar10(PHP-FPM-SB2-DL)



Yak cukup sampai disini pertemuan kita pada postingan kali ini , sampai jumpa di next post...







LihatTutupKomentar