-->

Cara Konfigurasi Web Log Analyer pada Apache



Cara Konfigurasi Web Log Analyer pada Apache




Hai balik lagi bersama saya diblog skyblues2 , kali ini saya akan sharing tentang cara konfigurasi web Log Analyzer pada apache server , sebenarnya apa fungsi dari web log analyzer itu ? Fungsinya adalah menganalisa dan mengumpulkan semua data log dari web server tersebut. Misalnya kapan , siapa , dan bagaimana web itu dikunjungi.





Sebelum kita mulai konfigurasinya , berikut ini adalah topologinya :








gambar1(LA-SB2-DL)



Oke setelah ada topologinya , kita mulai saja langsung Konfigurasinya ....





1. Install Wget



Langkah pertama adalah install wget terlebih dahulu , wget berfungsi sebagai paket penginstallan melalui koneksi internet. Karena di lab ini kita akan menginstall paket via internet .. jadi wget dibutuhkan disini , pastikan juga ya server agan terhubung dengan internet :v. Cara menginstallnya adalah dengan mengetikkan perintah:




yum install wget -y






gambar2(LA-SB2-DL)

 



2. Download Repository epel



Langkah selanjutnya adalah mendownload repository yang berasal dari internet yaitu repository epel. Yup , kali ini kita akan menggunakan repository epel sebagai source reponya. Cara menginstallnya adalah dengan mengetikkan perintah :




wget http://dl.fedoraproject.org/pub/epel/7/x86_64/e/epel-release-7-9.noarch.rpm






gambar3(LA-SB2-DL)





3. Install paket epel



Selanjutnya adalah menginstall paket epelnya , setelah agan mendownload repositorinya , tentunya agan harus menginstall paket paketnya.. Caranya adalah dengan menggunakan perintah :




rpm -ivh epel-release-7-9.noarch.rpm






gambar4(LA-SB2-DL)



 

4.  Aktifkan Repo dan Install Awstats



Oke setelah agan memasang paket epel , agan harus mengaktifkan repo epel agan , kemudian agan install awstats dari repo tersebut . Paket awstats ini merupakan paket yang akan digunakan sebagai analyzernya ... Oke cara menginstallnya , dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




yum --enablerepo=epel -y install awstats






gambar5(LA-SB2-DL)





5. Mengubah file konf awstats



Langkah selanjutnya adalah mengubah nama file konfigurasi awstats agan menjadi nama domain agan , pertama kita lihat isi dari direktori awstats nya dengan menggunakan perintah ls /etc/awstats .Kemudian agan akan menemukan file bernama awstats.hostname_agan.conf . Kemudian ubah nama file konfigurasinya. caranya dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




mv /etc/awstats/awstats.name.conf /etc/awstats/awstats.www.domain_agan.conf 






gambar6(LA-SB2-DL)





6. Edit file konfigurasi Awstats



Kemudian setelah agan mengubah nama file konfignya , sekarang coba agan edit isi dari file awstats agan , caranya dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




nano /etc/awstats/awstats.www.domain_agan.conf






gambar7(LA-SB2-DL)



Setelah agan masuk ke dalam file konfigurasinya , sekarang agan edit pada line 'SiteDomain=....' , edit menjadi nama domain web server agan ... Setelah itu edit juga pada line 'Host Aliases=...' menjadi seperti pada gambar dibawah ini ( untuk nama hostname dan ip nya bisa disesuaikan dengan keadaan agan :v ) :








gambar8(LA-SB2-DL)



Selanjutnya edit juga pada line requirenya menjadi ip network yang sedang agan gunakan pada server agan ....

 






gambar9(LA-SB2-DL)

 

Setelah selesai , save dan close file konfigurasinya....





7. Update file konfigurasi



Langkah selanjutnya adalah mengupdate file konfigurasi agan , caranya adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




/usr/share/awstats/wwwroot/cgi-bin/awstats.pl -config=www.domain_agan.com -update






gambar10(LA-SB2--DL)



Setelah update berhasil , agan lakukan restart pada httpd agan ... caranya dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :




systemctl restart httpd






gambar11(LA-SB2-DL)



Oke setelah merestart , silahkan agan buka halaman web agan dengan mengetikkan nama domain dengan ditambahkan /awstats/awstats.pl pada bagian belakang url domain web agan....








gambar12(LA-SB2-DL)





Oke gambar diatas merupakan hasil akhirnya , atau merupakan tampilan dari awstats ...dengan begini perjumpaan kita di postingan ini sampai disini , sampai berjumpa di next post...


LihatTutupKomentar