-->

CARA BUDIDAYA DAN MERAWAT TANAMAN HIAS BUNGA AZALEA


Azalea mekar dengan mahkota bunga yang mencolok, salah satunya adalah azalea yang berwarna pink.

Tanaman Azalea (Rhododendron spp.) termasuk salah satu tanaman hias yang mudah tumbuh dan jika dirawat dengan benar, Anda akan disambut oleh bunga-bunga cantik yang bermekaran.

Azalea dikenal sebagai “Bunga Penguasa Kebun”. Tanaman hias bunga yang satu ini telah lama diagung-agungkan karena warna bunganya yang cerah dibalik dedaunannya yang rimbun. Azalea mekar dengan mahkota bunga yang mencolok seperti warna merah, pink, kuning, putih hingga ungu dan seringkali mengeluarkan aroma harum.

Cara Menanam Bunga Azalea dengan Stek

Azalea menyukai tanah yang kering, kaya akan humus dan sedikit asam dengan pH sekitar 5.5, drainase yang baik dan menyukai paparan sinar matahari pagi (semi-teduh). Azalaea juga dapat ditanam dari biji tapi biasanya menghasilkan bunga yang berbeda. Cara terbaik untuk memperoleh bunga yang sama dari induknya adalah dengan cara stek batang.

Berikut cara menanam bunga azalea:

  • Siapkan bibit tanaman azalea. Anda bisa memperoleh bibit tanaman Azalea di toko penyedia tanaman hias.
  • Jika azalea diperbanyak melalui stek, maka pilihlah tanaman induk yang sehat dan kuat. Siramlah terlebih dahulu tanaman tersebut selama beberapa hari untuk menghindari tanaman mengalami stress.
Ilustrasi menanam bunga azalea dengan cara stek batang.

  • Potong batang tanaman azalea dengan panjang sekitar 5-15 cm. Potong tepat di atas tonjolan dimana daun akan muncul dari batang.
  • Tanah yang bagus untuk menanam azalea dengan menggunakan gambut dan perlite. Ada baiknya media tanam dibasahi terlebih dahulu.
  • Buang beberapa daun dan bunga, sebelum ditanam sebaiknya ujung batang dicelupkan pada hormon penumbuh akar.
  • Hasil potongan batang azalea kemudian ditanam di media tanam yang gambut.
  • Tanam sepertiga bagian batang tanaman. Semprotkan menggunakan sprayer agar kelembaban media tanam tetap terjaga.
  • Letakkan pot atau baki pada tempat teduh, periksa kelembaban media tanam, jika dirasa kering maka siramlah dengan lembut.
  • Dalam waktu 2 bulan, stek azalea akan menghasilkan perakaran yang kuat dan telah muncul beberapa helai daun. Saat itu, tanaman sudah bisa dipindahkan pada tempat yang terkena cahaya matahari pagi secara berangsur.

Cara Merawat Bunga Azalea

Beberapa azalea yang tumbuh pada konsisi tanah yang baik tidak membutuhkan pemupukan. Azalea jarang terserang hama sehingga akan tetap tumbuh tanpa perawatan khusus kecuali jika tanah benar-benar kering maka perlu disiram sesekali.
Azalea juga bisa ditanam dalam pot dan dibonsai.

Azalea umumnya bebas dari hama dan penyakit. Namun, jika tanah benar-benar tidak subur dan kekurangan nitrogen maka diperlukan pupuk untuk mencegah kurangnya nutrisi pada tanah. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan tanaman terhambat, daun berwarna kuning dan mengecil. Luangkanlah waktu Anda untuk memangkas kembali cabang-cabang untuk untuk pertumbuhan yang maksimal.
LihatTutupKomentar